Senin, 28 April 2014

Untuk pertemuan kali ini saya akan menjelaskan tentang kiat-kiat atau cara-cara dalam belajar yang efektif. Dalam belajar yang harus diutamakan adalah “Disiplin”. Disiplin sendiri merupakan upaya untuk membuat orang berada pada jalur sikap dan perilaku yang sudah ditetapkan pada individu oleh orang tua. Pendidikan disiplin merupakan suatu proses bimbingan yang bertujuan untuk menanamkan pola perilaku tertentu, kebiasaan-kebiasaan tertentu, atau membentuk manusia dengan ciri-ciri tertentu, terutama untuk meningkatkan kualitas mental dan moral. 

Proses belajar yang baik adalah proses belajar yang  bisa memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan. Sikap disiplin dalam belajar sangat diperlukan untuk terwujudnya suatu proses belajar yang baik. Sikap disiplin dalam belajar akan lebih mengasah ketrampilan dan daya ingat siswa terhadap materi yang telah diberikan, karena siswa belajar menurut kesadarannya sendiri serta siswa akan selalu termotivasi untuk selalu belajar, sehingga pada akhirnya siswa akan lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal dari materi yang diberikan. 

Belajar dengan disiplin yang terarah dapat menghindarkan diri dari rasa malas dan menimbulkan kegairahan siswa dalam belajar, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya kemampuan belajar siswa. Disiplin adalah kunci sukses dan keberhasilan. Dengan disiplin seseorang menjadi yakin bahwa disiplin akan membawa manfaat yang dibuktikan dengan tindakannya. Setelah berprilaku disiplin, seseorang akan dapat merasakan bahwa disiplin itu pahit tetapi buahnya manis. Disiplin memberikan manfaat yang besar dalam diri seseorang. Sepintas bila kita mendengar kata disiplin maka yang selalu terbayang usaha untuk menyekat, mengawal dan menahan. Padahal tidak demikian, sebab disiplin bermakna melatih, mendidik dan mengatur atau hidup teratur. Artinya kata disiplin itu tidak terkandung makna sekatan, tetapi juga latihan. Untuk itulah kedisiplinan sangat diperlukan dalam usaha meningkatkan suatu kehidupan yang teratur dan meningkatkan prestasi dalam belajar karena sifatnya yang mengatur dan mendidik. Dari kebanyakan orang-orang sukses rasanya tidak ada diantara mereka yang tidak berdisiplin, kedisiplinan yang tertanam dalam setiap kegiatan mereka yang membawa kesuksesan. 

Tips agar kita menerima disiplin bukan sebagai siksaan yaitu dengan tidak membayangkan prosesnya tetapi focus pada hasil akhir yang kita inginkan. Contoh, jika kita ingin lulus tepat waktu dengan ipk yang memuaskan, tekunlah dalam belajar. Dan janganlah kita membuang-buang waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Karena waktu tidak bisa diganti dan diputar kembali. Jangan sampai kita menyesal dikemudian hari. Maka untuk itu luangkan lah waktu kita dengan yang bermanfaat contoh dengan belajar supaya agar apa yang kita cita citakan akan tercapai.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!